Teks foto: Atraksi Tari Zapin Api Pada Festival Rupat Culture Paradise

Sajikan Tari Zapin Api, Menambahkan Kemeriahan Festival Rupat Culture Paradise

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Reporter

DISPARBUDPORA, RUPAT UTARA - Memeriahkan Festival Rupat Culture Paradise dan Running 10K 2022, digelar pertunjukan Tari Zapin Api. Pertunjukan tersebut dipusatkan di sebuah lapangan di bibir pantai Tanjung Lapin, Desa Tanjung Punak, Rupat Utara. Sabtu (19/11/2022).

Sebelum acara dimulai semua pengunjung diminta untuk tidak menyalakan api dalam bentuk apapun agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Dipimpin seorang Khalifah dan Diiringi oleh musik yang berasal dari petikan gambus, gendang dan marwas, atraksi tari Zapin Api dimulai. 

Terlihat 5 penari Zapin Api masuk kedalam bara api yang telah di siapkan sebelumnya dan menari mengikuti irama musik.

Usai menyaksikan pertunjukan yang berlangsung sekitar 30 menit itu, Kabid Pariwisata Alwizar berharap, Tarian Zapin Api yang hanya ada di Rupat Utara ini, tetap dilestarikan dan menjadi warisan budaya bagi anak cucu dimasa depan. Jangan sampai hilang ditelan kemajuan zaman.

“Tari Zapin Api ini telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia sejak Tahun 2017 lalu dari Provinsi Riau oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Oleh karena itu, harus di lestarikan dan menjadi warisan budaya bagi anak cucu dimasa depan.” Ungkap Alwizar.

Usai penampilan Zapin Api, acara dilanjutkan dengan pelepasan lampion.


Tim Redaksi

Nurhidayat, SE
Nurhidayat, SE

Editor

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Fotografer

Berita Lainnya