Teks foto:

Kabid Alwizar Buka Pendampingan dan Pelatihan "Pengembangan Produk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Bukit Batu Kabupaten Bengkalis

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Reporter

DISPARBUDPORA, BUKIT BATU – Bertempat di Aula Kantor Desa Bukit Batu, Kecamatan Bukit Batu, kegiatan Pendampingan dan Pelatihan "Pengembangan Produk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Bukit Batu Kabupaten Bengkalis dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau & Pertamina Hulu Rokan (PHR). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Alwizar. Rabu (16/10/2024).

Kepala Desa Bukit Batu, Mahendra, menuturkan, Pendampingan PHR dan STP dan Disparbudpora Bengkalis luar biasa sehingga kami mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

"Kami Atas nama masyarakat Desa Bukit Batu mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak STP Riau dan PHR serta Disparbudpora Bengkalis atas dukungan dan support kepada Desa Bukit Batu sehingga kami seperti sekarang ini. Semoga kerjasama ini berkekalan dan terus berlanjut dan dapat mewujudkan visi misi Kabupaten Bengkalis yang Bermasa.

Sementara Ketua STP Riau, Dr. Ir. Eni Sumiarsih dalam sambutannya menjelaskan bahwa, Program pendampingan dan pelatihan Pengembangan Produk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata ini merupakan program rutin yang digelar di seluruh desa wisata yang ada di provinsi Riau.

“Khusus di kabupaten Bengkalis, di Desa Bukit batu. Pendampingan kali ini merupakan pendampingan kali kedua di Desa Bukit Batu. Semoga dengan kegiatan ini, pelaku UMKM semakin banyak dan produk yang dihasilkan akan semakin beraneka ragam sehingga laku dan pendapatan masyarakat akan meningkat”. Ujar Eni.

Selanjutnya, Camat Bukit Batu yang diwakili Sekretaris Camat Bukit Batu, M. Abditiansyah sangat menyambut baik kegiatan ini agar para pelaku UKM mempunyai wadah untuk pembinaan terhadap para pelaku UKM, karena kegiatan ini sangat penting dan berguna berhubung Desa Bukit Batu telah mendapat SK Desa Wisata Bukit Batu dari Bupati Bengkalis.

"Harapan kami sebagai Pemerintah Kecamatan, Desa Bukit Batu menjadi icon Kecamatan Bukit Batu sebagai Desa Terbaik khususnya di bidang pariwisata.  Sehingga pendapatan masyarakat akan semakin baik dan meningkat". Harap Abditiansyah.

Berikutnya Kabid Pariwisata Alwizar, saat membuka kegiatan  mengucapkan terimakasih kepada pihak STP dan PHR yang sudah menggelar kegiatan Pendampingan dan Pelatihan bagi Pelaku Ekonomi Kreatif di Desa Wisata Bukit Batu ini. Beliau mengatakan, kegiatan ini sangat berkontribusi meningkatkan kapasitas pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Desa Bukit Batu.

"Bahwa memang peningkatan kompetensi pelaku usaha pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) termasuk kemampuan membuat paket pariwisata yang merupakan hal mutlak agar memajukan sebuah destinasi wisata terbentuk. Selain itu, hal yg mendesak adalah aspek kebijakan dan regulasi yaitu Peraturan Desa (Perdes) sebagai azas legalitas formal bagi Desa Wisata. Namun, tentu  tidak melupakan aspek organisasi dalam hal ini kelembagaan pengelola desa wisata". Papar Kabid Alwizar.

Turut hadir dalam kegiatan, Pejabat Fungsional Adyatama Kepariwisataan dan Ekraf, Wahidun, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Bukit Batu, Juwandi, Narasumber, Rizki Hidayat, dan Pelaku UMKM di Desa Bukit Batu sebagai peserta.


Tim Redaksi

Diana Susanti, S.Akun
Diana Susanti, S.Akun

Editor

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Fotografer

Berita Lainnya

75 Paskibraka Tiba di Bengkalis

BENGKALIS, DISPARBUDPORA – Sebanyak 75 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) tiba di Bengkalis. Sabtu (23/.

Berita Terbaru


Berita Terpopuler