Teks foto: Pelepasan Mahasiswa KKN Tematik Selat Malaka

Kadisparbudpora Edi Sakura Turut Hadiri Pelepasan KKN Tematik Selat Malaka

Sari Delfa Ihsanni, S.S.T
Sari Delfa Ihsanni, S.S.T

Reporter

DUMAI, DISPARBUDPORA - Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Edi Sakura turut dampingi Bupati Bengkalis yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Aulia menghadiri sekaligus Pelepasan KKN Tematik Pesisir Selat Melaka, Senin (25/7/2022) bertempat di Kampus. 

Aulia mengatakan bahwa adik-adik mahasiswa KKN juga tentunya mempunyai kesempatan untuk melakukan pembelajaran dan pemberdayaan, melalui program yang telah disiapkan sesuai dengan dinamika, karakteristik dan perkembangan masyarakat setempat, sekaligus menggali potensi yang ada untuk dapat dikembangkan dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat. 

Sementara itu, Kadsiparbudpora Edi Sakura berharap keberadaan mahasiswa dan dosen pembimbing semakin membuka potensi wisata di Kecamatan Rupat dan Rupat Utara untuk lebih diberdayakan oleh masyarakat.

“Harapan saya, mahasiswa sebagai pemberi informasi, motivator dan penghubung bagi masyarakat di lingkar pariwisata Rupat dan Rupat Utara. Mahasiswa harus mampu melakukan pemberdayaan potensi masyarakat desa menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik,” harap Edi Sakura.

Antara mahasiswa dan masyarakat, Lanjut Edi Sakura, saling membutuhkan selama interaksi. Oleh karena itu, Kadisparbudpora Edi Sakura mengatakan agar para mahasiswa memanfaatkan waktu dengan baik. Mahasiswa tidak hanya memberi ilmu bagi masyarakat, tetapi juga mendapatkan tambahan wawasan terhadap potensi wisata yang ditemuinya.

Kadisparbudpora Edi Sakura juga mengingatkan bahwa keberadaan mahasiswa KKN di masyarakat tidak sekedar memenuhi SKS studi. Melainkan dituntut agar mahasiswa memberi kontribusi pemikiran dan dan langkah nyata bagi pengembangan potensi wisata di Rupat dan Rupat Utara. 

Tidak hanya itu, Edi Sakura juga mengingatkan agar mahasiswa tidak kaku, dan tidak ragu bergaul dengan masyarakat setempat. Melalui KKN, mahasiswa setidaknya dapat menimba ilmu dan pengalaman pada lingkungan yang berbeda.

Kadisparbudpora mengatakan rekan mahasiswa pasti punya sosial media semua. Kita harapkan sosial medianya juga digunakan untuk mempromosikan wisata di Pulau Rupat ini karena memiliki pesona yang indah.

"Mulailah sharing, tak hanya foto selfie tapi ditambahi destinasi wisata di Pulau Rupat sekaligus. Sehingga kita ikut mempromosikan wisata kita. Jadi mahasiswa KKN diharapkan menjadi perpanjangan tangan Disparbudpora Bengkalis dalam promosi wisata yang ada di Negeri Junjungan ini." Pungkas Kadisparbudora Edi Sakura.

Turut hadir Kepala Bappeda Bengkalis Rinto, Camat Rupat Aulia Army, Camat Rupat Utara diwakili Kasi Kesosbud Ady Putra, Ketua LP2M Bapak Dr. H. M. Rizal Akbar.


Tim Redaksi

Babam Suryaman
Babam Suryaman

Editor

Sari Delfa Ihsanni, S.S.T
Sari Delfa Ihsanni, S.S.T

Fotografer

Berita Lainnya