Teks foto: Johansyah Syafri bersama tamu undangan saat usai membuka resmi festival budaya parade tari

Buka Festival Budaya Parade Tari, Bupati Bengkalis

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Reporter

DISPARBUDPORA, BENGKALIS - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis menggelar Festival Budaya Parade Tari Kabupaten Bengkalis yang mengangkat tagline "Legenda dan Sejarah Kabupaten Bengkalis" di Gedung Cik Puan Jalan Hang Tuah Bengkalis. Rabu (23/11/2022) malam.

Diikuti 9 kelompok tari dari kecamatan se-Kabupaten Bengkalis, acara dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkalis yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Johansyah Syafri.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Johansyah Syafri, beliau mengajak untuk memberi dukungan kepada para peserta parade tari, karena momentum ini dapat kita jadikan sebagai media dalam pengembangan kreativitas serta karakteristik generasi melayu dimasa depan. 

"Paling tidak kita telah berupaya mempersiapkan sejak dini generasi melayu yang bisa eksis serta memiliki ilmu dalam menjaga adat, harkat, martabat dan budaya melayu".  Ucap Johansyah Syafri.

Selanjutnya beliau menambahkan, upaya pelestarian seni, budaya dan adat istiadat melayu harus terus ditingkatkan mengingat generasi melayu penerus masa depan lebih tergiur pada budaya dan kesenian modern.

"Mereka lupa bahkan meninggalkan seni dan budaya daerah parisan para nenek moyang mereka sendiri. Padahal dalam seni, budaya dan adat istiadat melayu memiliki sejuta makna serta mengandung nilai-nilai luhur kehidupan yang bisa kita jadikan sebagai landasan dalam kehidupan sosial masyarakat". Tambah Johansyah Syafri.

Sementara itu Kepala Disparbudpora dalam laporannya yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Khairani mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakan Festival Budaya Parade Tari untuk menjaga budaya tradisi, memelihara budaya dan seni dari waktu ke waktu, mengajak peran serta generasi muda untuk tidak lupa dengan tradisi dan sebagai ajang promosi khazanah daerah khususnya Kabupaten Bengkalis.

Sebagai hakim penilai pada Festival Budaya Parade Tari, Ketua dewan kesenian kabupaten Bengkalis SPM Musrial Mustafa, Penggiat seni kabupaten Bengkalis Osman dan Guru budaya Melayu Sumitri, M.Pd.

Hadir dalam acara Kepala Bidang Pariwisata Alwizar, Kepala Dispersip DR. Suwarto, Kadis Disdagperin Zulfan, Ketua MKA LAMR Bengkalis Datuk Seri Zainidin Yusuf, Perwakilan Tim Penggerak PKK Bengkalis dan ratusan warga yang mendukung peserta tari.


Tim Redaksi

Nurhidayat, SE
Nurhidayat, SE

Editor

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Fotografer

Berita Lainnya