Teks foto:

Festival Budaya Mandi Shafar 2024, Wabup Bagus Santoso : Mari Kita Jaga dan Lestarikan Budaya Kita

Nurhidayat, SE
Nurhidayat, SE

Reporter

DISPARBUDPORA, RUPAT UTARA – Keindahan dan Sumber Daya Alam Pulau Rupat adalah anugerah tuhan yang luar biasa yang harus kita jaga. Hal itu yang disampaikan langsung oleh Bupati Bengkalis melalui Wakil Bupati (Wabup) Bagus Santoso saat membuka secara resmi Festival Budaya Mandi Shafar yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Lapin Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. Rabu (04/09/2024).

"keindahan dan sumber daya alam pulau rupat ini adalah anugerah tuhan yang luar biasa. kita harus padukan augerah yang luar biasa ini dengan budaya leluhur kita. kita harus menjaga dan melestarikan budaya kita". Ucap Bagus.

Wabup Bagus Santoso juga mengajak seluruh masyarakat agar menjadikan budaya sebagai pedoman untuk hidup rukun antar sesama. Mengingat Budaya mandi shafar adalah budaya turun temurun yang masih di lestarikan di Pulau Rupat.

"mari kita bersama membangun pulau rupat ini menjadi pulau impian. dengan sinergisitas yang kuat mari kita bangun pulau rupat ini menjadi lebih maju". Ajak Bagus

Sementara Itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis, melalui Sekretaris Reza Noverindra selaku ketua panitia pelaksana kegiatan menuturkan bahwa tujuan kegiatan Festival Budaya Mandi Shafar ini adalah menjaga dan melestarikan budaya tradisi masyarakat khusunya di Pulau Rupat.

"Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan festival budaya mandi shafar 2024 ini adalah untuk selalu dan terus menjaga budaya tradisi masyarakat di Kecamatan Rupat Utara. Dengan penyelenggaraan Festival Budaya Mandi Shafar ini diharapkan dapat dikenal dan dinikmati oleh masyarakat banyak". Tutur Reza.

Sebelumnya, Camat Rupat Utara Aulia Fikri mengatakan bahwa budaya mandi shafar adalah warisan budaya tak benda. dimana menurut masyarakat setempat bahwa mandi safar ini adalah untuk menghilangkan keburukan, dengan harapan dijauhkan dari marabahaya dan di lindungi oleh allah swt.

Selanjutnya Wabup Bagus Santoso beserta jajaran lakukan prosesi tepuk tepung tawar kepada anak – anak yang selanjutnya akan dimandikan dengan air dari salah satu sumur yang ada di pantai tanjung lapin sebagai bentuk prosesi kegiatan atau ritual Mandi Shafar.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Forkopimda Bengkalis, Kadis Parbudpora Bengkalis, Sekretaris LAMR Kabupaten Bengkalis dan Camat Rupat Utara. Kemudian Kapolres Bengkalis dan perwakilan Danramil Rupat Utara beserta tamu penting lainnya.


Tim Redaksi

Sari Delfa Ihsanni, S.S.T
Sari Delfa Ihsanni, S.S.T

Editor

Muhammad Kazar, A.Md
Muhammad Kazar, A.Md

Fotografer

Berita Lainnya