Teks foto:

FGD Ekosistem Kewirausahaan Pemuda, Langkah Nyata Untuk Meningkatkan Kualitas Kewirausahaan Pemuda di Kabupaten Bengkalis

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Reporter

DISPARBUDPORA, BENGKALIS - Peran dan partisipasi pemuda dalam kewirausahaan dapat membantu dalam membentuk kepribadian pemuda yang mandiri, kreatif, dan inovatif. Selain itu, kewirausahaan pemuda juga dapat mengurangi pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Untuk melakukan pemetaan kewirausahaan pemuda,  Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin),   Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPA), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin), Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM), Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP), dan Perguruan Tinggi Bengkalis melakukan Focus Group Discussion (FGD) Ekosistem Kewirausahaan Pemuda di Ruang Rapat Disparbudpora, Rabu (16/10/2024).

Sekretaris Disparbudpora Reza Noverindra dalam arahan saat membuka FGD menuturkan, FGD Ini penting kita lakukan, agar pemetaan Kewirausahaan Pemuda ini mampu kita lakukan dengan sebaik-baiknya. 

"Karena sejauh ini kita mengalami kesulitan untuk pemetaan. Dikarenakan usia yang di atur oleh undang-undang kepemudaan 16 - 30. Kami sudah memulai untuk mencari data melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk mendapatkan data Pemuda yang umur 16 – 30 Tahun, dan selanjutnya akan dari Data tersebut akan dijaring mana pemuda yang memilki usaha". Ucap Sekretaris Reza

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Vera Handasty menerangkan bahwah Kewirausahaan pemuda saat ini menjadi salah satu focus penting, menginat perannya yang strategis dalam meningkatkan perekonomian lokal, memperluas lapangan kerja, serta berkontribusi pada inovasi. oleh karena itu, kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan akademisi menjadi sangat penting untuk ekosistem kewirausahaan yang berkelanjutan dan inklusif.

“Pemuda adalah agen perubahan yg penuh dengan inovasi, kreatifitas dan energi positif untuk mendukung pemberdayaan kewirausahaan pemuda secara optimal untuk mendorong dan meningkatkan perekonomian daerah” Terang Vera

Selanjutnya dilakukan diskusi untuk menentukan strategi dalam membangkitkan semangat berwirausaha serta membangun ekosistem yang kondusif untuk mendorong berwirausaha bagi Pemuda.


Tim Redaksi

Fakhrul Roza, S.STP, M.Si
Fakhrul Roza, S.STP, M.Si

Editor

Muhammad Kazar, A.Md
Muhammad Kazar, A.Md

Fotografer

Berita Lainnya

Berita Terbaru


Berita Terpopuler