Teks foto: Alwizar bersama narasumber dan peserta pelatihan

Tingkatkan Kualitas Pariwisata, Disparbudpora Gelar Pelatihan Pengembangan Desa Wisata

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Reporter

DISPARBUDPORA, BENGKALIS - Dalam upaya meningkatkan kualitas pariwisata di Kabupaten Bengkalis, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis menggelar Pelatihan Pengembangan Desa Wisata. Jum'at (25/11/2022).

Bertempat di Pantai Marina Hotel Bengkalis, acara di gelar selama 4 hari mulai tanggal 25 hingga 28 November 2022. Kegiatan pelatihan di buka secara resmi oleh Kepala Disparbudpora yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Alwizar.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Alwizar mengatakan, bahwa pariwisata adalah salah satu industri yang bisa menopang pergerakan ekonomi Indonesia termasuk di Bengkalis dengan memperhatikan 4 elemen pariwisata yaitu, industri pariwisata, destinasi pariwisata, pemasaran dan kelembagaan kepariwisataan.

"Pengembangan terus dilakukan guna meningkatkan kualitas pariwisata sehingga menarik kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal ini selaras dengan Misi 1 RPJMD 2021-2026 yaitu Mewujudkan Pengelolaan Potensi Keuangan Daerah, Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang Efektif Dalam Memajukan Prekonomian".Ucap Alwizar.

Selanjutnya Alwizar menambahkan, bahwa pariwisata sebagai harapan masa depan bersama, baik sebagai penggerak ekonomi baru (New Economic Locomotive) masyarakat kawasan, maupun sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kita memiliki Strength (Kekuatan) atraksi wisata, yaitu alam yang indah, sejarah, wisata buatan, keragaman budaya yang menyebar di seluruh kecamatan sebagai daya tarik yang luar biasa". Lanjut Alwizar.

"Kita juga memiliki peluang (Opportunities) letak geografis yang berbatasan langsung dengan Malaka (Malaysia) sebagai World Heritage City UNESCO dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara rata-rata pertahun diatas 17 juta wisatawan". Pungkas Alwizar.

Kepada peserta, akan diberikan materi pelatihan diantaranya, Pengantar desa wisata, Jadesta dan anugerah desa wisata, Kelembagaan desa wisata, Regulasi pemungutan retribusi pada desa wisata, regulasi tata kelembagaan desa dan potensi desa wisata, Digital content marketing, Mengemas potensi menjadi destinasi dan pembelajaran pengalaman lapangan ke Desa Dayun Kabupaten Siak Sri Indrapura.

Peserta adalah perwakilan dari 21 Desa Wisata yang telah ditetapkan dengan SK Bupati pada tahun 2021 yang terdiri dari Aparat Desa, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Operator Digital Marketing.

Hadir dalam acara Pejabat Tinggi Pratama, Perwakilan Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Bengkalis dan STAIN Bengkalis, Narasumber dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau, ADWI Provinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis, Pejabat Administrator dan Penjabat Fungsional di Lingkungan Disparbudpora Bengkalis.


Tim Redaksi

Nurhidayat, SE
Nurhidayat, SE

Editor

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Fotografer

Berita Lainnya