Teks foto: Kenduri Riau

Kadisparbudpora Kabupaten Bengkalis Edi Sakuran wakili Bupati Bengkalis menghadiri opening ceremony kenduri Riau 2023

Jepi Trisna Levia SE
Jepi Trisna Levia SE

Reporter

DISPARBUDPORA, Pekanbaru - Bupati Bengkalis Kasmarni di wakili oleh  kepala Dinas pariwisata, kebudayaan, kepemudaan, dan olahraga Edi Sakura menghadiri ceremony kenduri Riau 2023 di Bandar Ali Haji (bandar serai) Jalan Sudirman Pekanbaru, Jumat (18/8/2023)

Gubernur Riau Syamsuar dalam hal ini di wakili oleh Asisten ll sekda Provinsi Riau Job Kurniawan resmi membuka Kenduri Riau 2023, Perhelatan ini digelar selama 3 hari, mulai 17 Agustus hingga 19 Agustus 2023 besok. Ratusan pengunjung turut meramaikan pembukaan acara itu, digelar pada Jumat (18/8/2023) malam. Berbagai acara seni pertunjukan musik dan tarian bernuansa Melayu hingga modern ditampilkan.

Gemerlap tata cahaya menghiasi panggung berukuran besar yang berdiri kokoh di laman Bandar Serai. Sinarnya warna-warni, berkilauan bersamaan dengan irama musik yang berdentum malam itu.

Job Kurniawan mengatakan Kita telah berada di helat tahunan kenduri riau, kita pun paham bahwa  pariwisata dua tahun dekade terakhir hadir menjadi salah satu alernatif berpotensi membuka pertumbuhan baru menghadirkan sumber perekonomian dan menyera lapangan pekerjaan yang ditumbuhkannya, sementara itu industri kreatif secara bertahap menguatkan posisi yang tak terpisahkan dalam kemajuan ini,untuk itu prospek yang begitu menjanjikan tersebut menjadi bagian yang dikembangkan di provinsi Riau yaitu sektor pariwisata  dan sektor ekonomi kreatif menjadi bagian prioritas pembangunan di Provinsi Riau ini.

Selanjutnya Job Kurniawan mengatakan Kenduri riau sudah berlangsung dari tahun 2021 paska pandemi covid kemudian pada tahun ke dua telah memperoleh apresiasi mendalam dari kemenprof Ri  yang tandai dengan masukknya hajat ini  kelingkaran karisma even nusantara 1 dari 100 even, pada malam ini muda mudahan kenduri riau masih terus bertahan sebagai salah satu seratus even terbaik di indonesia nantiknya.

Selanjutnya  dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif Republik indonesia ibu masruroh mengatakan Even ini satu dari seratus terbaik even nasional kita patut berbangga, yang sudah ditampilkan oleh teman teman pelaku UMKM tidak hanya UMKM yang bergerak dibidang pariwisata tetapi juga ekonomi kreatif, saya lihat bagaimana teman teman membuat nilai lebih dari misalnya dari makanan yang tidak hanya disajikan yang biasa tetapi dengan kreatifitas menjadi lebih baik semua terjadi karna kita mengharapkan bahwa  even meliat perekonomian secara lebih luas, sebagaimana kemaren pada tanggal 17 agustus telah disampaikan bahwa even merupakan salah satu bukti nyata dalam mewujudkan indonesia maju karena melalui even seperti kenduri Riau saat ini semua yang terlibat dapat berekspresi menampilkan karya terbaiknya sekaligus mendapat apresiasi dari masyarakat.

Pembukaan Kenduri Riau ini di hadiri oleh Asisten ll bidang perekonomian bapak Job kurniawan, kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif Ri Ibu masuroh,  porkompinda provinsi Riau, kepala Dinas pariwisata Provinsi Riau Bapak Roni Rahmat.


Tim Redaksi

Jepi Trisna Levia SE
Jepi Trisna Levia SE

Editor

Sari Delfa Ihsanni, S.S.T
Sari Delfa Ihsanni, S.S.T

Fotografer

Berita Lainnya