Teks foto: Kadisparbudpora Bengkalis, Edi Sakura disaksikan Wabup H Bagus Santoso dan Forkopimda saat melakukan tabur bunga diatas makam pejuang

Peringati Hari Jadi Bengkalis ke-510, Edi Sakura Ziarah Makam Pahlawan

Babam Suryaman
Babam Suryaman

Reporter

BENGKALIS, DISPARBUDPORA - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Bengkalis ke-510, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Edi Sakura berkesempatan mendampingi Wakil Bupati, H Bagus Santoso melakukan ziarah kesejumlah makam pahlawan.

Adapun makam bersejarah yang diziarahi, pertama Makam Pahlawan Kesuma Kesatria, kedua Makam Panglima Minal, ketiga Makam Dara Sembilan Senggoro dan terakhir, Makam H Abdullah Nur, di Kelapapati Laut.

Di Makam Pahlawan Kesuma Kesatria, rangkaian ziarah diawali dengan pemberian hormat kepada para pahlawan, peletakan karangan bunga dan menaburi bunga.

Sementara dimakam lainnya, diawali pembacaan sejarah singkat tentang perjalan hidup pahlawan, do'a, penyerahan santunan kepada ahli waris, penaburan bunga serta penyiraman air mawar oleh Wabup Bagus Santoso, Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Terkait kegiatan yang dilakukan, disampaikan Edi selain sebagai salah satu wujud penghormatan kepada para pahlawan atas jasa perjuangannya untuk negeri ini. Juga merupakan salah satu kegiatan merawat situs budaya yang ada di Negeri Junjungan.

Seperti Makam Panglima Minal dan Makam Dara Sembilan, kedua situs itu wajib dilestarikan karena merupakan warisan budaya dari para leluhur dan menjadi salah satu identitas Negeri Junjungan.

Untuk itu, Mantan Kadis Pendidikan Bengkalis menyebutkan, hendaknya ziarah seperti ini dapat dipertahankan sepajang masa, selain mengingatkan generasi muda akan jasa pahlawan, juga sebagai salah satu upaya melestarikan situs budaya di Kabupaten Bengkalis.

"Sehingga para penerus generasi muda di negeri ini memahami, bahwa merawat dan melindungai cagar budaya juga sebagai salah satu cara mengenang dan menghormati jasa para pahlawan terdahulu," pungkasnya.


Tim Redaksi

Babam Suryaman
Babam Suryaman

Editor

Imam Achmadi
Imam Achmadi

Fotografer

Berita Lainnya