Teks foto: Pemberian hadiah kepada Desa Wisata Tanjung Punak kabupaten Bengkalis

Desa Wisata Tanjung Punak Rupat Kabupaten Bengkalis Berhasil Meraih Juara 1 Lomba Apresiasi Desa Wisata Riau Tahun 2023

Jepi Trisna Levia SE
Jepi Trisna Levia SE

Reporter

DISPARBUDPORA- PEKANBARU Malam Lomba Apresiasi Desa wisata Riau tahun 2023, pengumuman Apresiasi Desa wisata Riau bertempat di Riau Garden Jl. HR. Soebrantas No.53 Panam, Pekanbaru, pada sabtu (2/12/2023).

Malam Lomba Apresiasi Desa Wisata Riau tahun 2023 dibuka langsung  oleh manager Pertamina Hulu Rokan Wan dedip yudisthira “Pertamina Hulu Rokan berkomitmen meningkatkan kualitas Desa Wisata di Provinsi Riau, kami sudah meninjau destinasi Rupat kemudian beberapa tempat insyaallah kami juga mencari tempat-tempat baru supaya program Desa wisata berjalan dengan lancar.

Lanjut sambutan dari kepala Dinas pariwisata Provinsi Riau Roni rakhmat mengatakan “secara keseluruhan Desa bisa mengoptimalkan potensinial bisa memutar perekonomian sampai berhasil ke masyarakat itu yang dinamakan Desa wisata, jadi segala potensi yang ada di Desa tersebut dijadikan suatu objek wisata sehingga masyarakat ada perubahan kehidupan  dalam pengelolaan wisata tersebut. Kita harus percaya diri bahwa pariwisata ini betul-betul bisa merubah dan menaikan perekonomian kita semua, Apresiasi tersebut bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada pengelola Desa wisata, sehingga dapat bangkit dan unggul sebagai komoditas atraksi dari produk pariwisata Riau.

Roni mengatakan, Dispar Riau memberikan hadiah untuk Juara 1 Desa Tanjung Punak Rupat Kabupaten Bengkalis, juara 2 Penaun Hilir kuantan singingi, dan juara 3 Desa koto ruang Kabupaten Rokan Hulu.

untuk memotivasi dan sebagai bentuk apresiasi, pihaknya memberikan hadiah untuk juara 1 Rp.20.000.000, juara 2 Rp. 15.000.000, juara 3 Rp. 11.000.000, kemudian untuk kategori desa wisata unggulan 1 Rp.5.000.000, dan unggulan  Rp.4.000.000”

Kategori daya tarik pengunjung hadia 6 juta rupiah juara 1. kapung bono pelalawan, juara 2 Dengan hadiah 5.200.000 diraih  oleh Desa kota lama indragiri hulu

Kategori juara Home stay dan toilet juara 1 Kampung wisata okura kota pekanbaru

Kategori kelembagaan dan CASE juara 1 diraih oleh Desa tanjung pelir kabupaten kampar

Juara 1 Digital kreatif diraih oleh kampung sungai popura kabupaten siak, juara 2 Desa batu Tilam kabupaten kampar

Juara 1 souvenir juara 1 kampung wisata Langgam dan juara 2 kedapu rapat.

Ungkapan Sadikin ketua penggerak Desa wisata Tanjung Punak, “semoga dengan mendapatkan juara 1 lomba apresiani desa wisata riau 2023 ini kami akan lebih semangat dan semoga Desa tanjung punak pariwisatanya lebih maju lagi” ujarnya

Kepala disparbudpora Kabupaten Bengkalis Edi Sakura melalui via telepon “mengucapkann tahniah kepada Desa wisata tanjung punak telah meraih juara 1 desa wisata Riau tahun 2023, kami dari Dinas  pariwisata siap mensuport dan memberi arahan serta tunjuk ajar agar untuk tingkat selanjutnya dapat meraih tingkat Nasional dalam hal ini kerja sama antara Desa wisata dengan pemerintah daerah harus selalu besinergi”

Pak Alwiza selaku kabid pariwisata Kabupaten Bengkalis mewakili Kepala Dinas Parbudpora kabupaten Bengkalis turut hadir dalam acara” kita ingin mengucapkan selamat kepada Desa tanjung Punak yang telah meraih juara 1 apresiasi Desa wisata Riau 2023 kita ikut berbangga dan kita akan terus suport melalui peran pemerintah, kita berharap peningkatan klasifikasi Desa wisata ini akan meningkat terus, kalau memang tahun ini memmang dia ada di posisi Desa wisata berkembang kita upayakan tahun berikutnya  akan menjadi naik kelas menjadi Desa wisata maju atau yang tertinggi Desa wisata mandiri.

 


Tim Redaksi

Jepi Trisna Levia SE
Jepi Trisna Levia SE

Editor

Sari Delfa Ihsanni, S.S.T
Sari Delfa Ihsanni, S.S.T

Fotografer

Berita Lainnya