Teks foto: Ritual Mandi Safar Rupat Utara

Festival Budaya Ritual Mandi Safar Resmi di Buka Bupati Kasmarni

Sari Delfa Ihsanni, S.S.T
Sari Delfa Ihsanni, S.S.T

Reporter

DISPARBUDPORA, RUPAT UTARA - Festival Budaya Mandi Safar yang terletak di Kecamatan Rupat Utara telah menjadi salah satu andalan wisata budaya di Negeri Junjungan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) rutin menggelar mandi Safar setiap tahunnya yang dipusatkan di Pantai Lapin Kecamatan Rupat Utara, Rabu 21 September 2022. 

Dalam festival budaya mandi safar ini, juga disertai dengan berbagai event perlombaan permainan tradisional masyarakat yang telihat meriah sejak dari tanggal 08 hingga 27 September 2022, dipusatkan di Pantai Tanjung Lapin Desa Tanjung Punak Kecamatan Rupat Utara. 

Selain permainan jung dan layang-layang, juga diselenggarakan beragam kegiatan permainan tradisonal lainnya seperti gasing dan congkak. Kemudian pertandingan Sepak Bola Legend U-40, Lomba Tari Zapin Kreasi, Lomba Joget Twist, Fashon Show Pengantin Melayu dan Bujang Dara, Lomba Pantun Tradisi Hantaran Belanja, Lomba Cipta Menu Olahan Pangan Lokal, dan Lomba Speed Pancong. 

Festival Budaya Mandi Safar ini diharapkan menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, dalam mempromosikan budaya dan pariwisata di Rupat Utara.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Kadisparbudpora) Edi Sakura mengatakan hal yang terkait mengenai sarana Pendukung bahwa pihaknya terus membenahi pantai Lapin agar lebih baik, sehingga nantinya menjadi daya tarik pengunjung.

"Tahun ini akan dibangun taman bermain anak-anak, logo teks pantai Lapin dan sarana parkir," ucap Edi Sakura.

Sementara itu, Bupati Kasmarni menyampaikan bahwa pelaksanaan budaya mandi safar ini hendaknya dapat menjadi bagian dari promosi usaha sekaligus sebagai cluster pariwisata unggulan daerah. 

"Selain bertujuan melestarikan serta memberi edukasi kepada masyarakat akan makna budaya mandi safar, kami juga berharap juga menjadi bagian dari promosi usaha, mendukung peningkatan ekonomi masyarakat lokal, serta mengangkat potensi pariwisata yang ada di Kecamatan Rupat Utara ini agar lebih mendunia dan dapat bersaing dalam percaturan industri pariwisata global," ucap Kasmarni.

Setelah menyampaikan arahannya, kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan prasasti sumur mandi safar oleh Bupati Bengkalis Kasmarni yang turut didampingi dan disaksikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat, Datuk Norizam Pemilik PSPS Riau dari Johor Malaysia, Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko, Dandim 0303 Bengkalis Inf Endik Yunia, Camat Rupat Utara Afrizal, Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial serta seluruh pejabat di lingkup Kabupaten Bengkalis.


Tim Redaksi

Muhammad Kazar, A.Md
Muhammad Kazar, A.Md

Editor

Nurhidayat, SE
Nurhidayat, SE

Fotografer

Berita Lainnya