Teks foto: Suasana lomba Jong Layo di pantai tanjung Lapin

Sebanyak 97 Jong Layo Diperlombakan Pada Festival Rupat Culture Paradise

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Reporter

DISPARBUDPORA, RUPAT UTARA - Sebanyak 97 Jong Layo di perlombakan di hari terakhir Festival Rupat Culture Paradise. Pelaksanaan kegiatan lomba dilaksanakan di Pantai Tanjung Lapin sebelah kanan jembatan. Ahad (20/11/2022).

Warga Rupat menyebut perahu tersebut dengan sebutan Jong. Tinggi tiang layarnya mencapai 2 meter dengan panjang perahu 1,5 meter. Sedangkan lebar perahu sekitar 20 centimeter. Biasanya terbuat dari  kayu pulai.

Menurut panitia lomba Jong Layo Pak Adnan, seluruh peserta lomba Jong Layo berasal dari Rupat. Yaitu Desa Makruh 30 Jong Layo, Desa Sri Tanjung 21 Jong Layo, Desa Teluk Lecah 29 Jong Layo, Desa Nyirih 3 Jong Layo dan Desa Sei. Cingam 14 Jong Layo.

Perlombaan Jong Layo hari ini adalah satu-satunya perlombaan yang digelar, karena pada hari sebelumnya menurut informasi panitia dilokasi lomba ombak pantai sangat kuat sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksanakan perlombaan. Dihari sebelumnya telah dilaksanakan serangkaian lomba diantaranya Running 10K, Twist, Layang-layang dan lomba Boat Pancung.

Kepala Bidang Pariwisata Alwizar berharap kegiatan seperti ini terus dapat dilestarikan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilestarikan dan event Festival Rupat dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara". Ungkap Alwizar.


Tim Redaksi

Muhammad Kazar, A.Md
Muhammad Kazar, A.Md

Editor

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Fotografer

Berita Lainnya