Teks foto: Penyerahan Hadiah Lomba Kepada Pemenang oleh Johansyah Syafri

Tarian Encik Puan Sri Dilingga Rebut Juara Festival Budaya Parade Tari 2022

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Reporter

DISPARBUDPORA, BENGKALIS - Sebanyak 9 kelompok peserta tari pada Festival Budaya Parade Tari tampil memukau dihadapan Hakim Penilai dan tamu undangan serta ratusan  masyarakat Bengkalis yang tidak hanya datang menyaksikan tetapi juga merupakan pendukung kelompok peserta tari yang mereka jagokan. (23/11/2022).

Peserta pertama menampilkan Tarian Si Jinjang Raja yang menceritakan tentang sejarah semah terubuk yang terjadi di Selat Bengkalis, peserta kedua menampilkan tarian yang diberi judul Titah Sultan yang berkisah tentang Panglima Minal yang memerangi lanun yang meresahkan diselat Bengkalis dan peserta ketiga berceritakan tentang percintaan Awang Mahmuda dan Dayang Darma.

Sementara peserta keempat menampilkan Tarian Legenda Pulau Dedap yang berkisah tentang pemuda durhaka yang disumpah oleh sang ibu menjadi pulau yang ditumbuhi mempelam manis dan masam. Peserta kelima menampilkan Tarian Pemuda Melayu yang bercerita tentang terbentuknya sanggar sekawan. Sementara peserta keenam dan ketujuh menampilkan Tarian Putri Mambang Linau yang berkisah tentang Bujang Enok yang menikahi Putri Mambang Linau yang merupakan putri kayangan.

Selanjutnya, Peserta kedelapan menampilkan Tarian Sekso Si Ghajo (Siksa Si Raja) yang berkisah tentang raja yang zalim terhadap rakyatnya dan Peserta kesembilan menampilkan persembahan Tari Encik Puan Sri Dilingga yang berkisah tentang cinta Cik Puan yang tidak terbalaskan oleh Laksamana Raja Dilaut yang lebih memilih adik kandung Cik Puan yang bernama Wan Intan.

Usai penampilan keseluruhan peserta dan setelah dilakukan rapat hakim penilai, dihadapan seluruh kelompok peserta tari dan seluruh tamu dan masyarakat yang menyaksikan, SPN Musrial Mustafa mengumumkan pemenang.

Untuk Juara 1 direbut oleh kelompok peserta tari undian 09 dengan total nilai 1620, disusul Juara 2 oleh kelompok peserta tari undian 01 dengan nilai 1494, sementara Juara 3 disandang oleh kelompok peserta tari undian 02 dengan nilai 1458.

Sementara Harapan 1 di raih oleh kelompok peserta tari undian 06 dengan nilai 1386, kemudian Harapan 2 undian 08 dengan nilai 1278  dan Harapan 3 undian 07 dengan nilai nilai 1243.

Penyerahan hadiah oleh Bupati Bengkalis yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Johansyah Syafri, Ketua MKA LAMR Bengkalis, Kabid Kebudayaan, Kadis Dispersip, Kadis Disdagperin dan Perwakilan Tim Penggerak PKK.


Tim Redaksi

Nurhidayat, SE
Nurhidayat, SE

Editor

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Fotografer

Berita Lainnya