Teks foto:

Kadis Parbudpora Edi Sakura Sambut Baik Kunjungan Pemdes Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat

Nurhidayat, SE
Nurhidayat, SE

Reporter

DISPARBUDPORA, BENGKALIS — Bertempat di ruang kerja Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemuaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura sambut baik kunjungan Kepala Desa Pangkalan Nyirih Mursalin Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Senin (05/02/2024).

Kunjungan Kades Pangkalan Nyirih tersebut dalam rangka pengajuan usulan pembentukan Desa Wisata Pangkalan Nyirih kepada Disparbudpora Bengkalis sekaligus meminta arahan dan bimbingan terkait langkah-langkah, prosedur dan mekanisme pembentukan Desa Wisata.

"Setelah mempedomani buku pedoman Desa Wisata Kabupaten Bengkalis, kami ikuti tahapannya, selanjutnya kami susun potensi dan keunikan dan daya tarik wisata yang ada di desa kami dan sekarang kami ajukan usulan penetapan Desa Wisata secara tertulis kepada bapak dan mohon arahan selanjutnya". Jelas Mursalin.

Sementara itu, Kadis Parbudpora dalam arahannya menuturkan bahwa potensi dan keunikan tersebut harus muncul atas kesadaran masyarakat sehingga mampu bertahan dan tetap berlangsung secara terus menerus.

"Potensi dan keunikan yang ada di desa harus muncul dari masyarakat sehingga akan langgeng menjadi kebanggaaan terhadap budaya dan tradisi nenek moyang kita yang berlangsung secara terus menerus sehingga dikenal, disukai dan dicintai". Tutur Edi Sakura.

Kemudian Edi juga menambahkan agar kerajinan tangan zaman dahulu  dibangkitkan kembali seperti mengayam tikar pandan dan proses penyiapan mulai dari bahan anyamannya supaya menjadi sumber ekonomi bagi masyrakat.

"Kerajinan tangan zaman dahulu di usahakan dibangkitkan kembali seperti mengayam tikar pandan dan proses penyiapan mulai dari bahan anyamannya supaya menjadi sumber ekonomi bagi masyrakat. Kalau bisa dibuatkan sinopsis sejarahnya agar generasi muda menjadi tau sejarahnya". Tambah Edi.

Selanjutnya Kepala Bidang Pariwisata Alwizar menyampaikan bahwa usulan ini akan dipelajari terlebih dahulu.

"Nanti kami akan lakukan verifikasi kelayakan di lapangan bersama Dinas PMD dan tahapan selanjutnya jika layak akan diusulkan penetapan Desa Wisata kepada Bupati Bengkalis". Jelas Alwi.


Tim Redaksi

Sari Delfa Ihsanni, S.S.T
Sari Delfa Ihsanni, S.S.T

Editor

Diana Susanti, S.Akun
Diana Susanti, S.Akun

Fotografer

Berita Lainnya