Teks foto: Kadis Parbudpora Edi Sakura Mengikuti Forum Wisata di Hotel Sultan Jakarta

MEWAKILI BUPATI KASMARNI, EDI SAKURA HADIRI FORUM WISATA MOMENTUM KEBANGKITAN INDUSTRI PARIWISATA

Sari Delfa Ihsanni, S.S.T
Sari Delfa Ihsanni, S.S.T

Reporter

DISPARBUDPORA, JAKARTA - Bupati Bengkalis diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Edi Sakura, menghadiri acara undangan Forum Wisata yang bertempat di Hotel Sultan Jakarta.  Selasa, (28/02/2023).

Forum Wisata menjadi momentum untuk menyatukan kekuatan dalam menyongsong kebangkitan pariwisata 2023 setelah pemerintah mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat  (PPKM) pada 30 Desember 2022 lalu, terbuka peluang dalam mengembangkan potensi wisata lokal yang dampak lanjutannya adalah memperbesar peluang usaha, memperluas lapangan pekerjaan dan menambah pendapatan daerah.

Kadis Disparbudpora Edi Sakura menyampaikan bahwa Tempo dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah bersepakat dalam Memorandum of Understanding (MoU) tentang pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang menjadi “Payung” berbagai kerja sama di antara kedua belah pihak. 

"Tempo bermaksud mengajak Pemerintah Daerah dalam mendorong pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah masing-masing melalui berbagai program, diantaranya jelajah Negeri dan Eksplorasi Hidden Paradise." Ucap Edi Sakura.

Melalui forum ini Edi sakura menyatakan, pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor pendapatan kabupaten Bengkalis. Dinas pariwisata terus berupaya meningkatkan potensi destinasi pariwisata dengan mengedepankan standar CHSE. 

"Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety ( keamanan) dan Environment ( Ramah Lingkungan) serta berupaya pemangku kepentingan dan pelaku industri pariwisata, berkolaborasi untuk kemajuan bersama. Gercep, Geber, Gaspol (3G) menjadi pedoman kerjanya." Tegas Edi Sakura.

Dari forum ini juga target kunjungan wisatawan Manca Negara dan Domestik pada tahun 2023 meningkat, sehingga semakin banyak jumlah wisatawan dan semakin lama durasi pariwisata di kabupaten Bengkalis akan semakin besar peluang produk ekonomi kreatif diserap pasar wisatawan. 

"Salah satu upaya mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah meningkatkan publikasi wisata kepada pasar dan edukasi pelaku usaha serta masyarakat lokal." Ungkap Edi Sakura. 

Hadir dalam acara tersebut narasumber Deputi Bidang Produk Wisata Kemenparekraf RI Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Kreatif  Kemenparekraf RI Dr. Muhammad Neli EI Himam, M.Sc 


Tim Redaksi

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Editor

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Fotografer

Berita Lainnya

Entrepreneur Camp 2023

DISPARBUDPORA, BENGKALIS - Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Kabupaten Bengkalis menggelar Entrepreneur Camp 2023, sebuah kegi.