Teks foto:

Mewakili Bupati Bengkalis, Sekda Ersan Buka dan Ikuti FGD Desain Olahraga Daerah Kabupaten Bengkalis

Jepi Trisna Levia SE
Jepi Trisna Levia SE

Reporter

DISPARBUDPORA, PEKANBARU - Bupati Bengkalis diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis dr. Ersan Saputra. TH, membuka dan mengikuti Forum Group Discussion (FGD) Desain dan Olahraga Daerah (DOD) Kabupaten Bengkalis yang digelar oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis, di Grand Elite Hotel Pekanbaru, Sabtu (9/3/2024).

Sekda Ersan mengungkapkan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh peserta FGD, dengan harapan melalui FGD ini seluruh penggerak utama keolahragaan did Daerah, memiliki pengetahuan yang cukup untuk menyamakan persepsi dalam menyelaraskan dan menuntaskan dokumen Peraturan Bupati (Perbup) terkait Desain Olahraga Daerah (DOD) Kabupaten Bengkalis.
"Agar Desain Olahraga Daerah (DOD) yang kita susun nantinya benar-benar dapat mamastikan efektifitas pembangunan keolahragaan di daerah dalam mendukung pencapaian sasaran pembangunan Nasional”. Ucap Ersan.

Ersan menjelaskan, guna mendukung mengimplementasi Desain Besar Olahraga Nasional tersebut, pemerintah juga telah memerintahkan untuk menyusun DOD melalui peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2023 tentang tata cara penyusunan Desain Olahraga Daerah (DOD).
"Dengan harapan, melalui penyusunan Desain Olahraga Daerah ini, Daerah dapat membangkitkan kapasitas, sinergitas dan produktifitas olahraga prestasinya, khususnya olahraga prestasi di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis. Mulai dari peningkatan kualitas atlet hingga pembangunan sarana dan fasilitas olahraga yang ada di daerah, terutama dalam menyiapkan generasi muda yang berkualitas". Jelas Ersan.

Selanjutnya Ersan berharap, dengan tersusunnya  desain olahraga daerah ini nantinya yang ditunjang pula dengan pola pembinaan yang bertahap, bertingkat serta berkesinambungan terukur dan terarah, kedepannya Kabupaten Bengkalis dapat unggul dalam berbagai Level Event olahraga, mulai dari Level Daerah, Nasional maupun Internasional.
"Melalui peningkatan kualitas olahraga tersebut tentunya bakal membuat Kabupaten Bengkalis dipercaya untuk menjadi tuan rumah event- event olahraga besar nantinya, yang secara otomatis dapat memajukan serta meningkatkan bidang pembangunan kesehatan dan perekonomian daerah". Harap Ersan.

Sementara Kepala Disparbudpora Edi Sakura dalam laporannya mengatakan bahwa FGD ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau pada 29 Februari lalu.
"FGD ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau pada 29 Februari lalu yang dilakukan oleh Bidang Olahraga Disparbudpora, dan dapat kami informasikan bahwa Kabupaten Bengkalis satu-satunya diantara Kabupaten/Kota di Riau dan bahkan pertama di Indonesia yang membuat Desain Olahraga Daerah". Pungkas Edi Sakura.

FGD Penyusunan Perbup Bengkalis tentang Desain Olahraga Daerah Kabupaten Bengkalis menghadirkan Dr. Surono Deputi 4 Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora-RI) dan Tenaga Ahli dari Universitas Riau Agus Sulastio, Aref Vai dan Kristi Agust.
Hadir dalam FGD DOD, Kepala Dispora Riau, Universitas Riau, Perwakilan OPD Terkait, KONI Bengkalis, NPC Bengkalis, Kormi Bengkalis, Kadin, Igornas, STIE Syariah Bengkalis, STAIN Bengkalis, PNB, PWI dan SOIna Bengkalis.


Tim Redaksi

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Editor

Diana Susanti, S.Akun
Diana Susanti, S.Akun

Fotografer

Berita Lainnya