Teks foto: Prosesi Pembukaan Festival Rupat Tahun 2023

Buka Festival Rupat Culture Paradise, Wabup Mengajak Masyarakat Sama-Sama Meramaikan Pantai

Nurhidayat, SE
Nurhidayat, SE

Reporter

Dinas Pariwisata Provinsi Riau bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (DISPARBUDPORA) Kabupaten Bengkalis kembali menggelar Event Tahunan Festival Rupat dengan tema Culture Paradise yang akan dilaksanakan pada 7 - 9 Juli 2023.

Bupati Bengkalis yang diwakili Wakil Bupati (WABUP) Bagus Santo mengatakan Festival Rupat adalah bentuk sinergitas, kolaborasi antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten. Hal itu disampaikan langsung oleh Bagus Santoso saat membuka Event Festival Rupat Culture Paradise di Pantai Tanjung Lapin kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis. Jum'at (07/07/2023). Malam.

Gubernur Riau yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat berharap Festival kali ini betul-betul bisa mengangkat daya dongkrak perekonomian masyarakat.

"Festival Rupat Tahun ini merupakan kolaborasi kegiatan Dinas Pariwisata Provinsi dan Disparbudpora Bengkalis. Dan ini sudah yang ketiga kalinya. Dan tentunya tak lepas dari perhatian Pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang bisa mengoptimalkan pembangunan pariwisata. Ini bisa kita lihat bagaimana tumbuhnya perekonomian penginapan di sepanjang Rupat Utara ini semakin tahun semakin meningkat. Tentunya dengan harapan Festival yang dilaksana secara terus-menerus betul-betul bisa mengangkat daya dongkrak perekonomian masyarakat". Harap Roni.

Selanjutnya Bupati Bengkalis yang diwakili Wabup Bagus Santoso menuturkan bahwa event Festival Rupat ini merupakan bentuk pengenalan Budaya dan Seni sekaligus pantai yang luar biasa.

"Selain bisa menikmati festival rupat, kita juga bisa menyambung silaturrahim, persaudaraan dan sekaligus bisa mengenalkan budaya, tradisi, seni dan kehebatan Pulau Rupat yaitu pantainya yang luar biasa. Karna jika pariwisata itu kita garat maka akan menjadi sebuah industri yang membawa kemajuan kampung, negeri dan terutama adalah Pulau Rupat ketika Rupat ini menjadi destinasi wisata bahkan menjadi kawasan wisata nasional". Tutur Bagus.

"Mari sama-sama kita ramaikan pantai kita supaya menarik perhatian wisatawan dari luar". Ajak Bagus

Kemudian Bagus menambahkan bahwa dalam 3 Tahun terakhir terjadi peningkatan wisatawan di Pulau Rupat.

"Pada Tahun2021 sebanyak 31.695 wisatawan nusantara telah berwisata di Pulau Rupat. Kemudian meningkat di 2022 menjadi 52.710 pengunjung. Bahkan ada 22 wisatawan mancanegara.
Sedangkan di 2023, sampai Mei saja 20.888 wisatawan telah datang ke Pulau Rupat". Tambah Bagus

Tampak Hadir Kadis Parbudpora Bengkalis, Kadis Pariwisata Provinsi Riau, para anggota Forkopimda Provinsi Riau, Forkopimda Bengkalis, anggota DPRD Bengkalis, Kapolres Bengkalis beserta jajaran, Dandim Bengkalis beserta anggota, Kepala Ojk Provinsi Riau, Ketua LAM Bengkalis, Ketua Mui, Ketua Baznas Se-Kabupaten Bengkalis beserta masyarakat yang hadir.


Tim Redaksi

Imam Achmadi
Imam Achmadi

Editor

Nurhidayat, SE
Nurhidayat, SE

Fotografer

Berita Lainnya