Teks foto: Kenduri Melayu Ratib Togak sebagai upaya mempertahankan dan lestarikan budaya melayu

Pertahankan Budaya Melayu Ratib Togak, Bupati Bengkalis Buka Acara Kenduri Melayu

Sari Delfa Ihsanni, S.S.T
Sari Delfa Ihsanni, S.S.T

Reporter

PINGGIR, DISPARBUDPORA - Kenduri Melayu Ratib Togak merupakan wujud dari kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis dalam upaya mempertahankan dan melestarikan budaya melayu.

Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bengkalis Toharudin mengatakan bahwa kenduri melayu ini merupakan wujud dari kepedulian Pemerintah Kabupaten Bengkalis guna membina, mengembangkan dan melestarikan berbagai khasanah budaya dan kesenian tradisional yang ada didaerah, khususnya di Kecamatan Pinggir. 

"Mari kita ikuti kenduri melayu ratib togak ini, semoga apa yang kita lakukan, dapat menjadi sandaran untuk kita melangkah lebih maju kedepan, dalam menjemput kemenangan dan kegemilangan Negeri Junjungan ini." Ucap Toha.

Toharudin memaparkan sambutannya saat membuka kegiatan Kenduri Melayu Ratib Togak, Jum'at 15 Desember 2023, di Gedung Hj. Nuriyah Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir.

"Kami berharap, melalui kegiatan yang diisi dengan pengagungan asma Allah, sembari kita bermohon petunjuk serta keselamatan kepada-nya. Tentunya kegiatan ini harus kita dukung dan kedepannya harus terus kita kembangkan, dalam meningkatkan semangat persatuan dan persaudaraan. Karena siapapun dan dari manapun asal kita, sebagai sesama anak melayu, kita harus bersebati dan sehati, serta memiliki kewajiban serta tanggungjawab yang sama dalam menjaga marwah negeri ini," tutur Toharudin.

Ratib Togak merupakan salah satu seni budaya Merangin yang lahir setelah masuknya agama islam pada abad ke-13 M. Budaya ini beradaptasi dan kemudian berakulturasi antara budaya Islam dengan budaya melayu tua di merangin, dari hasil perkawinan budaya inilah maka lahir sebuah bentuk budaya baru pada masa itu yang disebut Ratib Togak.

Kemudian, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis Edi Sakura mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memelihara budaya dan tradisi di Kabupaten Bengkalis agar tetap terjaga.

Tampak hadir pada pembukaan Kenduri Melayu Ratib Togak tersebut Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis sekaligus Ketua LAMR Kecamatan Pinggir Al Azmi, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis Khollijah,Kepala DPPA Kabupaten Bengkalis Tazril Akmal, Kepala Disnakertrans Kabupaten Bengkalis Salman Alfarisi, Ketua BAZNAS Kabupaten Bengkalis Ismail, Kapolsek Kecamatan Pinggir Kompol Darmawan, Camat Pinggir Zama Rico Dakanahay, Camat Tualang Mandau Rifky Afriandy, Camat Bathin Solapan M.Rusydy, Ketua Ikatan Pemuda Minang Riau (IPMR) Kabupaten Bengkalis Alga Viqky Azmi, Kepala Desa Muara Basung Ahkyar Mukmin, Serta Seluruh Tamu Undangan yang hadir.


Tim Redaksi

Ilham
Ilham

Editor

Sari Delfa Ihsanni, S.S.T
Sari Delfa Ihsanni, S.S.T

Fotografer

Berita Lainnya