Teks foto: Pertunjukan Tari Zapin Api Pada Puncak Festival Rupat Tahun 2023

Puncak Festival Rupat Culture Paradise Tahun 2023 Dimeriahkan dengan Pertunjukan Zapin Api

Nurhidayat, SE
Nurhidayat, SE

Reporter

Tari Zapin Api telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia pada Tahun 2017 dari Provinsi Riau. Selain penuh keunikan, tarian tersebut juga terkandung nilai-nilai Islami.

Tari Zapin Api ini dulunya digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan ajaran agama Islam bagi masyarakat melayu di Pulau Rupat pada abad ke-11. Bahkan syair-syair lagu yang dilantunkan dalam pertunjukan menceritakan kebesaran Ilahi dan Nabi Muhammad SAW, serta mempererat hubungan antar masyarakat Melayu beragama Islam.

Puncak Kemeriahan Festival Rupat Culture Paradise dimeriahkan dengan pertunjukan Tari Zapin Api. Pertunjukan tersebut berlangsung pada Pukul 09.30 - 22.00 WIB di Pantai Tanjung Lapin Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis. Sabtu (08/07/2023).

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (DISPARBUDPORA) Edi Sakura sangat terkesan dengan seluruh penampilan yang di sugukan pada Fesrival Rupat Culture Paradise Tahun ini. ditambah lagi dengan antusias dari masyarakat baik dari Pulau Rupat maupun dari luar yang dari awal pembukaan Festival datang untuk menyaksikan dan memeriahkan Festival Rupat Culture Paradise Tahun 2023.


Tim Redaksi

Imam Achmadi
Imam Achmadi

Editor

Nurhidayat, SE
Nurhidayat, SE

Fotografer

Berita Lainnya