Teks foto: gernas BBI Dan BBWI Provinsi Riau

Kadisparbudpora Edi Sakura menghadiri acara gerakkan Nasional BBI (bangga buatan Indonesia) dan BBWI (bangga berwisata di Indonesia) Provinsi Riau

Jepi Trisna Levia SE
Jepi Trisna Levia SE

Reporter

DISPARBUDPORA, PEKANBARU, bertempat di halaman kantor Gubernur Riau, sabtu (29/7/23) Pagi. 

Diawali dengan penambilan tari kolosal yang sangat meriah yang disajikan oleh penyelenggara BBI dan BBWI Provinsi Riau kemudian di lanjutkan dengan sambutan Juda Agung deputi Gubernur bank Indonesia, mengatakan ditemgah tengah  ketidakpastian ekonomi global tantangan yang kita hadapi adalah bagaimana kita tetap bisa menjaga agar ekonomi domestik masih konsisten bisa tumbuh di atas lima persen untuk itu perlu upaya upaya mendorong sumber sumber pembiayaan sumber sumber pertumbuhan ekonomi domestik inilah yang kita harapkan dari sektor UMKM dan pariwisata, yaitu bagaimana kedua sektor ini mampu terus mendorong denyut perekonomian domestik, oleh karena itu acara yg kita hadiri pada hari ini menjadi sangat penting guna mendorong penggunaaan produk dalam negeri dan pariwissata sekaligus mempercepat perputaran ekonomi lokal, memperbaiki daya beli masyarakat dan mendorong kebangkitan ekonomi paska pandemi khusunya melalui UMKM, kedepan semakin mendorong sektor UMKM dan Pariwisata.

Dan dilanjutkan Arahan Luhut Binsar Panjaitan selaku menko marpes secara virtual, Menko marpes (Luhut Binsar Panjaitan) mengatakan memberikan apresiasi kepada Provinsi Riau yg telah menyelenggarakan BBI Dan BBWI yg bertempat di kantor Gubernur Riau, gandeng perusahaan swasta jntuk berkontribusi di daerah ini,  kunci keberhasilan gernas BBI dan BBWI ini disetiap daerah adalah terbangunnya sinergi dari para pelaku kepentingan untuk itu kami titipkan semua utnuk mengawal gernas BBI dan BBWI yang diselenggarakan dapat berkelanjutan manfaatkan even yang besar untuk mendatangkan wisat.

Kemudian dalam pembukaan ini pengarahan oleh  Mahendra Siregar komisaris OJK mengatakan Kunci pertumbuhan perekonomian dalam negeri apakah daerah daerah diseluruh indonesia bisa bertumbuh dan karena Indonesia besar dan karena indonesia populasinya mudah maka jawabannya adalah harus bisa,karena bukan haya pertumbuhan ekonomi kita tapi kita lihat sendiri karena pola pertumbuhan seperti inilah yang akan mencapai seluruh masyarakan Indonesia dimanapun itu yang menjadikan gernas BBI dan BBWI ini yang menjadi gerakan Nasional yang akan lanjut sampai sekarang.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Bupati Bengkalis Kasmarni melalui kepala dinas Pariwisata pemuda dan olahraga Kabupaten Bengkalis, Edi sakura mengapresiasi dengan diadakannya gerkaan nasioanl BBI dan BBWI provinsi Riau ini. Hal ini akan menjadi angin segar bagi perekonomian Riau, khususnya bagi para pelaku UMKM, dengan kegiatan ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat provinsi Riau. Sehingga dengan UMKM yang sukses serta , masyarakat bisa bertransaksi dan mampu pemasaran yang berkelanjutan. 

“Jika proses mereka bagus ekonomi kita pun tambah bagus. Nah dengan begitu, produksinya dari masyarakat Riau untuk masyarakat Riau kembali. Kalau bisa pemasarannya lebih luas lagi, itu lebih bagus untuk UMKM kita. Begitu juga dengan gerakan bangga berwisatanya. Adanya gerakan seperti ini kita mengajak wisatawan melancong ke Riau aja dan tentunya belanjanya buatan Riau juga,” pungkasnya.

 

Diakhir acara dilakukan kunjungan stand pameran oleh ketua OJK, deputi Bidang pariwisata dan ekonomi kreatif (Odo RM Manuhutu) serta rombongan di dampingi kepala Dinas perindag zulpan, kepala Dinas DMPTSP Basuki Rachmat.

 


Tim Redaksi

Jepi Trisna Levia SE
Jepi Trisna Levia SE

Editor

Jepi Trisna Levia SE
Jepi Trisna Levia SE

Fotografer

Berita Lainnya