Teks foto:

Meriahkan Haornas, Disparbudpora Bengkalis Adakan Lomba Permainan Tradisional

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Reporter

DISPARBUDPORA, BENGKALIS - Memeriahkan 40 Tahun Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada setiap tanggal 9 September, Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis menggelar Lomba Permainan Tradisional Enggrang, Terompah Panjang dan Layang Wau bagi pelajar. Sabtu (16/09/2023).

Dipusatkan di Lapangan Pasir Andam Dewi Bengkalis, sebanyak 71 sekolah dan hampir 900-an siswa mengikuti perlombaan tradisional tersebut, terdiri dari 43 SD, 16 tingkat SLTP dan 12 tingkat SLTA.

Guruh Tri Abdillah Kepala UPT Pengelolaan dan Pengembangan Sarana Olahraga Kabupaten Bengkalis selaku Panitia saat ditemui di lokasi acara menuturkan, bahwa tujuan dilaksakan lomba permainan tradisional ini adalah upaya untuk permainan tradisional ini ada payung hukum dan terbentuk komite permainan tradisional. 

"Hari ini adalah babak penyisihan setiap Lomba, Permainan Tradisional ini dibuat sebagai upaya kita untuk mendapatkan payung hukum dan terbentuknya komite permainan tradisional di Kabupaten Bengkalis".Tutur Guruh.

Beliau menambahkan, selain 3 permainan yang dikhususkan untuk siswa, ada satu permainan yang dibuka untuk umum yaitu Lomba Perahu Layar yang akan dilaksanakan pada minggu 17 September besok.

"Selain Lomba Enggrang, Terompah Panjang dan Layang Wau yang dikhususkan untuk siswa, kita juga membuka satu permainan untuk umum yaitu lomba perahu layar yang akan dilaksanakan pada hari minggu besok." Jelas Guruh.

Sementara Kepala Disparbudpora Edi Sakura melalui jaringan telepon memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan Lomba Permainan Tradisional, semoga menjadi langkah untuk melestarikan permaian tradisional yang ada di Kabupaten Bengkalis.

"Saya memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang terlibat, semoga kegiatan ini menjadi langkah awal kita untuk menjaga dan melestarikan permaian tradisional yang ada di Kabupaten Bengkalis". Ucap Edi Sakura.

Pelaksanaan final akan dilaksanakan pada besok Minggu dan dilaksanakan lomba perahu layar yang diikuti sekitar 27 kelompok yang terdiri 5 orang setiap kelompok.


Tim Redaksi

Muhammad Kazar, A.Md
Muhammad Kazar, A.Md

Editor

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Fotografer

Berita Lainnya