Teks foto:

Kadisparbudpora Sambut Baik Kunjungan Dari Perkumpulan Layang-Layang Wow Bengkalis

Muhammad Kazar, A.Md
Muhammad Kazar, A.Md

Reporter

DISPARBUDPORA, BENGKALIS - Untuk melestarikan dan mengenalkan Layang-layang khas Bengkalis. Perkumpulan Layang-Layang Wow Kabupaten Bengkalis berkunjung ke Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis. Rabu, (11/10/2023).

Kadis Parbudpora Edi Sakura sambut baik kunjungan dari Perkumpulan Layang-Layang Waw Bengkalis. Mengingat selama ini Layang-Layang sangat di minati dan sering dijadikan salah satu cabang perlombaan. Namun, belum ada legalitas perkumpulan dan juga keseriusan dalam pengelolaannya.

"Saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya terhadap permainan tradisional seperti Layang-Layang ini. Karena memang belum ada pembahasan yang serius terhadap permainan Layang-Layang ini. Dan ini sebenarnya menjadi langkah kita bersama untuk kembali menata dan mengenalkan permainan tradisional seperti Layang-Layang". Jelas Edi.

Edi Sakura juga akan berusaha agar Layang-Layang ini menjadi permainan Tradisional yang dikenal oleh orang ramai. Dan bukan hanya sekedar menjadi permainan tapi menjadi sebuah seni permainan yang menarik. Mengingat Layang-Layang sangat sering diperlombakan.

"Kami juga akan berusaha agar Layang-Layang ini bisa menjadi permainan tradisional yang di minati dan menarik untuk di mainkan". Terang Edi.

Jamaluddin Selaku Ketua Perkumpulan Layang-Layang Waw Kabupaten Bengkalis bersama pengurus juga memperkenalkan Layang-Layang khas Kabupaten Bengkalis. Yang diberi nama Layang-Layang Kurau Jantan Laksamana Bengkalis, yang memiliki kepala yang khas dan ukiran yang indah. 

Jamaluddin yang sering dipanggil Pak Udin berharap Layang-Layang Kuau Jantan Laksamana Bengkalis ini bisa di patenkan. Agar ini bisa menjadi warisan khas Bengkalis. 

"Saya berharap Layang-Layang Kurau jantan Laksamana Bengkalis ini bisa di patenkan. Agar tidak di tiru olah daerah lain". Harap Jamaluddin.

Hadir juga dalam silaturahmi ini. Khairani Kabid Kebudayaan Disparbudpora, Arif Wakil Ketua Perkumpulan Layang-Layang Wow Bengkalis, Supriadi Bendahara Perkumpulan Layang-Layang Wow Bengkalis.

 


Tim Redaksi

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Editor

Nurhidayat, SE
Nurhidayat, SE

Fotografer

Berita Lainnya