Teks foto: mewakili provinsi riau - desa wisata bukit batu masuk 75 besar adwi 2023

Desa Wisata Bukit Batu Bengkalis Masuk 75 Besar ADWI 2023

Muhammad Kazar, A.Md
Muhammad Kazar, A.Md

Reporter

DISPABUDPORA, JAKARTA – Desa Wisata Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis lolos 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Selasa (21/03/2023).

Dari 7.275 Desa Wisata diseluruh Indonesia, telah terjaring 4.573 peserta Desa Wisata ADWI dari seluruh Provinsi di Indonesia tahun 2023. Rangkaian kegiatan ADWI 2023 telah melalui beragam tahapan kurasi berdasarkan penilaian dewan juri tehadap 5 kategori penilaian, klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jadesta. 5 kategori penilaian tersebut adalah daya tarik pengunjung (keunikan dan keaslian : alam dan buatan – seni dan budaya), Suvenir (Kuliner – Fesyen – Kriya), Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif serta Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE.

Mulai dari proses kurasi menjadi 500 besar desa wisata, kemudian dikerucutkan menjadi 300 desa wisata hingga terpilih 75 desa wisata terbaik Desa Wisata Indonesia Bangkit. Salah satunya adalah Desa Wisata Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis.

Rangkaian kegiatan ADWI 2023 selanjutnya adalah, dilakukan peninjauan dan penilaian secara langsung oleh dewan juri terhadap 75 desa wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis Edi Sakura berharap melalui ADWI 2023, menjadi ajang promosi bagi Desa Wisata Bukit Batu yang banyak meninggalkan jejak-jejak sejarah di desa tersebut.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses yang panjang, 500 besar kemudian 300 besar dan 75 besar desa wisata ADWI 2023 ini, Desa Wisata Bukit Batu satu-satunya desa wisata yang lolos di 75 besar mewakili Provinsi Riau. Semoga menjadi ajang promosi bagi Desa Wisata Bukit Batu yang banyak jejak-jejak sejarah yang ada di desa tersebut.” Ucap Edi Sakura.

“Kami juga berharap agar kepada pengelola Desa Wisata Bukit Batu dapat mempersiapkan kelengkapan yang dibutuhkan untuk penilaian secara langsung oleh dewan juri nantinya. Semoga Desa Wisata Bukit Batu mendapat tempat terbaik pada ADWI 2023.” Tambah Edi Sakura.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan apresiasi kepada 75 desa wisata terbaik ADWI 2023, beliau berpesar agar menjadikan pencapaian 75 besar desa wisata sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelas dunia.

“Selamat saya ucapkan kepada 75 desa wisata terbaik ADWI 2023, jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelas dunia. Kepada seluruh desa wisata yang belum lolos, terus tingkatkan inovasi, adapti dan kolaborasi melalui pengisian data desa wisata di website jadesa sebagai wadah dan arah Kemenparekraf dalam penyusunan rencana pengembangan desa.” Ucap Sandiaga.


Tim Redaksi

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Editor

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Fotografer

Berita Lainnya