Teks foto:

Resmikan Festival Budaya Lampu Colok, Bupati Kasmarni : “Tugas Kita Bersama Melestarikan Budaya Lokal”

Diana Susanti, S.Akun
Diana Susanti, S.Akun

Reporter

DISPARBUDPORA, BUKIT BATU – Festival Budaya Lampu Colok 2023 resmi dibuka Bupati Bengkalis Kasmarni. Bertempat di halaman Masjid Al-Falah Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu di lokasi Lampu Colok peresmian. (17/04/2023) malam.

Diawal sambutannya, Bupati Kasmarni memberikan apresiasi dan mengajak untuk melestarikan budaya lampu colok yang telah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai warian budaya tak benda.

“Kami menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi kepada semua pihak yang senantiasa berkomitmen tinggi untuk terus melestarikan kearifan lokal lampu colok yang kita laksanakan setiap tahunnya ini dalam menyambut datangnya idul fitri. Festival budaya lampu colok yang diselenggarakan mulai malam ke-27 Ramadhan, atau yang biasa kita sebut dengan malam tujuh likur ini, keberadaannya memang harus terus kita lestarikan, karena lampu colok ini sudah mendapat pengakuan dari kementerian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia sebagai warisan budaya tak benda”. Tutur Kasmarni.

Beliau melanjutkan bahwa Festival Budaya Lampu Colok dapat dijadikan sebagai syiar karena terdapat hikmah dan tunjuk ajar kehidupan yang dapat dipetik.

"Festival lampu colok yang kita selenggarakan ini juga dapat kita jadikan sebagai salah satu bentuk syiar. Karena ada banyak hikmah maupun tunjuk ajar kehidupan yang dapat kita petik dari penyelenggaraan festival budaya ini". Tambah Kasmarni.

"Oleh karenanya, menjadi tugas kita bersama seluruh elemen yang ada didaerah ini, untuk terus melestarikan serta menghidupkan tradisi budaya lokal zaman berzaman ini, agar kearifan lokal yang memiliki kekhasan dan keunikan ini, dapat membuat warga kabupaten bengkalis yang saat ini berada di perantauan, rindu untuk pulang berhari raya di kampung halaman, serta dapat menarik kunjungan wisatawan". Ucap Kasmarni.

Peresmian Festival Budaya Lampu Colok ditandai dengan menghidupkan pelita lmapu colok oleh Bupati Kasmarni didampingi PLT Sekda Bengkalis, Kadis Parbudpora Edi Sakura serta Pejabat yang hadir.


Tim Redaksi

Syahrul Nizam, S.Pd. I
Syahrul Nizam, S.Pd. I

Editor

Muhammad Kazar, A.Md
Muhammad Kazar, A.Md

Fotografer

Berita Lainnya