Teks foto: Karisma Event Nusantara (KEN) Festival dan Peluncuran Karisma Event Nudantara (KEN) 2024

Festival Rupat Kabupaten Bengkalis Masuk Dalam Peluncuran Karisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2024

Jepi Trisna Levia SE
Jepi Trisna Levia SE

Reporter

DISPARBUDPORA, JAKARTA - Karisma Event Nusantara (KEN) Festival dan Peluncuran Karisma Event Nudantara (KEN) 2024 resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pada Sabtu, 27 Januari 2024. Peluncuran event ini diharapkan dapat kembali menggerakkan pariwisata di Indonesia.

Acara berlangsung di Gedung Sasono Utomo dan Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Hal itu sebagai upaya menggeliatkan ekonomi dengan menghadirkan event-event daerah yang berkualitas.

Karisma Event Nusantara (KEN) Festival dan Peluncuran Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 juga menampilkan sejumlah pengisi acara mulai dari pegiat seni hingga seniman musik yang berasal dari daerah masing-masing. Ada Garapan musik perkusi Aceh, Timika Inside Festival of art (TIFA), East Java Fashion Harmony, Ambyar People l, Gendrung Sewu, Festival Danau Poso, Festival Taluk Tomini, Jakarta Dessert week, Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival, Teluk Tomini, Tarian Bebukung, Jember fashion Carnaval, Banyuwangi Ethno Carnaval, Festival samarapura dan masih banyak lagi.

Adapun yang masuk dalam peluncuran karisma event nusantara (KEN) 2024  untuk daerah Provinsi Riau terdiri  dari 1.Festival Bakar tongkang dari Rohil, 2.Festival Pacu Jalur Tradisional dari Kuansing, 3.Riau Global Musik Festival dari Kota Pekanbaru, 4.Kenduri Riau dari Provinsi Riau  5. Festival Siak Bermadah dari Siak, 6. Festival Rupat dari Kabupaten Bengkalis.

Kemenparekraf Sandiaga Uno mengatakan “Proses kurasi tiga bulan kita hari ini akan Louncing 110 Event berkualitas yang terpilih menjadi karisma Event Nusantara (KEN) 2024.”

“Alhamdulillah dari beberapa Agenda Pariwisata yang di usulkan ke Kemenparekraf satu diantaranya masuk KEN tahun ini, kata Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan olahraga ( DISPARBUDPORA) Kabupaten Bengkalis Edi Sakura di Gedung Sasono Utomo dan Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur”.

Edi Sakura menyebut Festival tersebut adalah Festival Rupat yang berhasil masuk KEN 2024 itu sudah melalui tahapan seleksi dan kurasi dari Tim Panel yang di bentuk Kemenparekraf.

“Adapun kriteria penilaian misalnya agenda pariwisata tersebut sudah digelar selama tiga tahun berturut turut hingga mampu mendatangkan wisatawan Domestik dan mancanegara serta terjadinya perkembangan, pertumbuhan, ekonomi kreatif, selain itu Karisma Event Nusantara (KEN) juga mengusung nilai- nilai persatuan, Ekonomi, Kebersamaan serta Kreatifitas maka itu dinamakan dengan Karisma Event Nusantara (KEN)” ujar Edi Sakura.

Edi Sakura Juga mengharapkan agar tahun depan (2025) festival - festival seperti Festival Bukit Batu, Festival Selat Baru, Festival Julang Bermasa dapat masuk ke event Karisma Event Nusantara Tersebut.

Turut Hadis Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis Dr. Bagus Santoso, Kadis Kominfo Dr.Suwarto. 


Tim Redaksi

Jepi Trisna Levia SE
Jepi Trisna Levia SE

Editor

Ilham
Ilham

Fotografer

Berita Lainnya